Posted by: satudeako | January 22, 2011

ART CENTRE

Hai guys,udah pada tahu kan Taman Budaya Art Centre? Yupz, suatu tempat seni yang ada di Jalan Nusa Indah Denpasar. Tapi kalian tahu ga sieh bangunan-bangunan apa aja yang ada disana plus tempat-tempat seninya? Nah, bagi kalian yang ga tahu, saya akan kasi tahu kalian tempat-tempat menarik apa aja yang ada disana. Oke, kita mulai dari sejarahnya..

Taman Budaya awalnya merupakan sebuah Proyek Pengembangan Pusat Kesenian Bali di Denpasar  yang dibentuk pada tahun 1969 yang bertujuan untuk melestarikan kekayaan seni budaya daerah Bali. Proyek ini merupakan gagasan dari almarhum Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Beliau sangat peduli dengan nilai-nilai budaya timur khususnya budaya Bali. Untuk menjaga budaya Bali tetap hidup beliau rela mengorbankan tanah pribadinya sebagai pusat kesenian. Proyek ini diberi nama ‘Werdhi Budaya’ / Art Centre, dan kemudian pada tanggal 16 Agustus 1978 dilembagakan dengan nama ‘Taman Budaya’. Taman Budaya terletak di Jalan Nusa Indah ± 2 km ke arah timur dari pusat Kota Denpasar. Kalian tahu gak, Art Centre itu memiliki banyak kompleks bangunan. Nah, adapun susunan kompleks yang ada di Art Centre yaitu:

1.Komplek Suci meliputi Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan, dll.

2. Kompleks tenang meliputi perpustakaan Widya Kusuma dimana ditempat ini tersimpan buku buku tentang sejarah Bali.

3. Kompleks setengah ramai meliputi Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Studio Patung, Wisma Seni dan Wantilan yang merupakan aula tempat pameran seni Bali.

4. Kompleks ramai meliputi Panggung Terbuka Ardha Candra dan Panggung tertutup Ksirarnawa (keduanya berada di Selatan Sungai).

Tapi dari sekian banyak kompleks bangunan, ada bangunan-bangunan yang menonjol dan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang berkunjung, yaitu :

1.PANGGUNG TERBUKA ARDHA CANDRA

Ardha Candra adalah panggung terbuka yang biasa dipergunakan untuk pementasan kolosal. Disamping pementasan kolosal, panggung ini juga bisa digunakan sebagai tempat pertunjukan musik dan pementasan seni. Panggung ini bisa dikatakan menjadi icon dari Art Centre. Panggung terbuka ini berkapasitas 6.000 penonton dan dirancang dengan arsitektur tradisional Bali.

2.GEDUNG KSIRARNAWA

Gedung Ksirarnawa (panggung tertutup) biasa digunakan untuk pementasan kesenian kolosal. Fungsinya hampir sama dengan Ardha Candra, hanya saja bentuk gedung ini tertutup. Selain digunakan sebagai pementasan seni kolosal, gedung ini juga bisa digunakan untuk pementasan musik maupun pementasan paduan suara. Karena bentuk gedung ini tertutup, kapasitas tempat duduk yang disediakan juga tidak banyak.

3. KALANGAN RATNA KANDA & KALANGAN AYODYA

Panggung ini biasa digunakan untuk pementasan seni seperti Arja,Joged, maupun tari-tarian. Sebenarnya setiap panggung di Art Centre mempunyai fungsi yang sama, hanya tempatnya yang berbeda. Ada yang khusus diperuntukkan untuk indoor stage, dan ada juga yang digunakan untuk open stage. Nah, Kalangan Ayodya dan Kalangan Ratna Kanda ini termasuk open stage. Biasanya panggung ini ramai dikunjungi wisatawan maupun masyarakat apabila ada pertunjukan dan pementasan seni.

Well, itu tadi bangunan-bangunan yang paling menonjol dan rame banget dikunjungi wisatawan.Jadi kalo kalian  punya waktu luang, gak ada salahnya deh ngunjungin tempat nie. Banyak hal yang bakal kalian dapet di sini. Oke, tadi kita ngomongin masalah bangunannya,tapi ngomong-ngomong, ada gak sih keuntungan yang didapat  dengan adanya Art Centre nie?

  • Wah, banyak banget. Disini para seniman bisa mengapresiasikan bakatnya dengan ngadain pameran seni. Mulai dari seni lukis, seni patung, dan berbagai macam pernak-pernik lucu yang unik-unik. Wah, sayang banget kalo dilewatin. Biasanya tiap ada pameran seni, turis banyak ngumpul disini buat ngeliat kreativitas dari para seniman. Nah,buat pemerintah juga menguntungkan banget. Kalo banyak turis datang,dan arus kunjungan wisatawan terus meningkat, tentunya juga menambah devisa Negara. Jadi banyak banget keuntungannya. Selain itu di Art Centre juga rutin ngadain satu event yang bener-bener menarik antusiasme turis dan masyarakat buat datang kesana. Apalagi kalo bukan Pesta Kesenian Bali (PKB). Event yang rutin diadain tiap tahun ini terbukti berhasil menarik minat turis dan masyarakat untuk berkunjung ke Art Centre. Event ini diadain dari bulan Juni sampai bulan Juli. Jadi kalian bisa nikmatin suguhan seni selama satu bulan penuh. Asyik kan ?  Selain pameran seni, kalian juga bisa ngeliat pertunjukan seni kayak Arja, Joged, Tari-tarian, dan masih banyak lagi deh. Kalian gak bakal nyesel kalo udah berkunjung kesini. So guys,kalau kamu bingung cari tempat wisata yang asyik plus edukatif, Art Centre bisa jadi referensi kamu buat tempat yang wajib banget dikunjungi!( Alina Rizki Dewi, ID, Perhotelan,087860845699)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: