Posted by: satudeako | January 23, 2011

Tanjung Benoa

Tanjung Benoa, tentunya tidak asing lagi di dengar bagi anda – anda yang sudah pernah bahkan sering berlibur ke Bali. Daerah wisata yang berada di ekor pulau Bali ini memiliki nama yang cukup unik. Walaupun tidak mudah untuk mencari asal usul kenapa kawasan  ini dinamakan Tanjung Benoa. Namun bisa  jadi karena kawasan ini berbentuk tanjung dan berdekatan dengan pelabuhan yang bernama Benoa. Maka dari itu kawasan ini diberi nama Tanjung Benoa. Emm …itu jika kita liat asal usul dari letak dan posisi daerah wisata ini. Tanjung Benoa berada disebelah selatan Nusa Dua, tepatnya di Desa Adat  Pekraman Tanjung Benoa, kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung – Bali. Dan bisa anda tempuh sekitar 25 menit dari Airport Ngurah Rai, atau jika anda berada di pusat kota Denpasar bisa anda tempuh sekitar 60 menit, itupun kalau tidak macet. Namun bagi anda yang datang untuk pertama kalinya ke Bali, dan ingin berkunjung ke Objek Wisata Bahari ini  tak perlu khawatir karena tersedia rute yang sangat mudah untuk menuju Wisata Bahari ini.

Adapun daya tarik yang dimiliki Tanjung benoa ialah pantainya yang tenang dan juga water sport nya yang lengkap. Pantai Tanjung Benoa  memiliki pasir putih dan terawat ditambah dengan ombaknya yang tenang. Dan di sepanjang kawasan Tanjung Benoa juga di bangun berbagai hotel – hotel berbintang dan pondok- pondok wisata sebagai tempat untuk menginap anda, sangat lengkap bukan???. Selanjutnya mengenai Tanjung Benoa Water Sport merupakan salah satu tujuan wisata air yang lengkap, dengan menyediakan berbagai macam olahraga air yang sangat menyenangkan dan selalu menanti untuk anda coba. Adapun berbagi sarana olahraga air itu meliputi :

Parasailing : Suatu  permainan dimana anda akan memakai payung parasut dan ditarik oleh speed boat mengeliling pantai Tanjung Benoa. Seperti terjun payung sungguhan. Waktu permainan ini satu putaran kira- kira 4 menit di udara. Ketinggian tali yg menghubungkan antara parasut dengan speed boat kurang lebih 80 meter. Jadi lumayan tinggi terbangnya.

Banana Boat : Dilihat dari namanya sudah pasti ada hubunganya dengan pisang. Yupz benar sekali perahu karet yang berbentuk seperti pisang ini memiliki kapasitas max 4 orang plus instruktur, yang akan ditarik dengan speed boat mengelilingi pantai dengan waktu kira – kira 15 menit.

Jet ski : Permainan yang tidak kalah asyiknya, serasa berkendaraan di pantai dan cara penggunaanya seperti sepeda motor  dan waktu permainanya kira – kira 15 menit

Fly Fish : Permainan yang menggunakan perahu karet yang agak lebar dan dimainkan max 3 orang termasuk instruktur dengan  posisi bisa berdiri seperti mengendarai sepeda motor atau terlentang dan kemudian ditarik oleh speed boat dengan kecepatan tinggi dengan arah melawan angin sehingga fly fish bisa terbang kira-kira 2 meter diatas air.

Snorkeling : Berenang sambil melihat pemandangan indah di bawah laut Tanjung Benoa. Syarat nya harus bisa renang.  Dan menggunakan masker dan fin.

Scuba Diving : Yaitu menyelam di dasar laut, tujuanya sama dengan snorkeling namun menggunakan perlengkapan diving komplit, mulai dari pakaian, tangki oksigen dll. Diving tidak harus bisa renang, lebih baik kalau anda tidak bisa renang, karena lebih gampang. Satu wisatawan akan ditemani oleh satu instruktur di bawah air, jadi tidak perlu khawatir dan waktu di dalam air berkisar 40 menit

Wake  board : Suatu permainan serasa seperti bermain selancar namun  ditarik dengan menggunakan speed boat

Donnat : permainan ini menggunakan perahu karet yang tentunya berbentuk  donat sesuai dengan namanya dan ditarik dengan menggunakan speed boa serasa  terombang ambing di air, kapasitas max 2 orang.

Turtle Island atau Pulau Penyu : Turtle Island atau Pulau Penyu yang terdapat di Tanjung Benoa bukan lah Pulau Serangan, namun Tanjung Benoa memiliki daerah khusus berbentuk pulau kecil yang terletak disebelah pantai barat kawasan Tanjung Benoa dengan nama Moncot atau Pudut Sari untuk tempat penangkaran penyu sebagai binatang langka.

Selain nama nya yang unik Tanjung Benoa juga memiliki makanan yang khas namun unik juga, namanya “ Klejat atau Batu – Batu”. Emm dilihat dari namanya sangat unik bukan,,?. Yah memang unik, karena bahannya pun juga unik, yang terbuat dari kerang laut. Olahannya pun ada yang dibuat kering berbentuk kerupuk, dan ada yang dibuat basah yang di campur dengan air cuka ditambah dengan cabai yang banyak sekali,,ayoo panasaran bukan???. Bagi yang kurang biasa memang cukup aneh, namun jika dicoba pasti ketagihan.

Nah itulah sisi unik dari Tanjung benoa, sebagai Objek Wisata Bahari yang terkenal di Bali. Aktifitas apapun dapat anda lakukan disana. Ditambah dengan menikmati makanan nya yang sangat unik. Satu tempat namun lengkap dan harganya pun terjangkau. Tak salah banyak wisatawan local ataupun asing berdatangan . Selamat mencoba…..(Febri Damarayanthi; 09; 1.D Paris; PNB; 085739404168)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: