Posted by: satudeako | January 25, 2011

Tanah Lot

OBJEK WISATA TANAH LOT TEMPLE

Pulau Bali merupakan Pulau seribu pura yang terkenal dengan objek wisatanya. Salah satunya adalah objek wisata Tanah Lot  Temple  yang merupakan  sebuah objek wisata yang terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Sekitar 1 jam dari Bandara Ngurah Rai menuju arah tenggara pulau Bali yaitu tepatnya di kota Tabanan.

Tanah lot Temple  ini memiliki sejarah yang sangat unik.  Tanah Lot Temple didirikan pada abad  ke XV masehi oleh Dang Hyang Niratha atau yang lebih dikenal oleh masyarakat di sana yaitu Empu Bawu Rawuh yang berasal dari kerajaan Majapahit di pulau Jawa. Tanah Lot  terletak di tengah laut atau terpisah dengan daratan dan di sekitar Obyek wisata  ini juga terdapat pura-pura kecil dan besar diantaranya Pura Pekendungan, Pura Batu Bolong, Pura Enjung Galuh dan masih banyak pura-pura kecil lainnya. Di bawah Pura Tanah Lot ada sebuah gua  yang merupakan sumber air suci bagi umat Hindu. Dan di depan puratanah lot juga terdapat sebuah gua yang merupakan tempat untuk ular suci atau ular poleng yang warnanyahitam putih konon katanya ular suci ini merupakan penjelmaan dari selendang yang dikenakan oleh Empu Bawu Rawuh pada saat Beliau mengunjungi tempat ini. Ketika air laut sedang pasang maka Pura tanah lot ini akan kelihatan seperti perahu yang terpung di atas air laut sebaliknya apabila air laut sedang surut maka wisatawan dapat mengambil foto lebih dekat dan bagi orang Hindu yang ingin sembahyang ke sana dapat naik ke atas jika airnya surut.

Odalan atau hari raya Tanah Lot temple ini diperingati setiap 210 hari sekali yang jatuh pada hari Buda Cemeng langkir .Nah, pada saat ini banyak umat Hindu yang datang untuk sembahyang ke Pura ini.

Selain itu Objek wisata Tanah Lot  ini memiliki berbagai fasilitas mulai dari tempat parkir yang luas  dan dari tempat parkir menuju Tanah Lot Temple ini anda disuguhi dengan pemandangan yang indah serta artshop yang terdapat di sepanjang jalan menuju obyek dimana di dalam artshop ini anda dapat membeli cendra mata untuk oleh-oleh khas dari daerah ini. Juga terdapat warung makan atau sekedar kedai untuk minum dan juga terdapat Toilet bersih yang dapat di sewa kepada wisatawan dan sewanya cukup murah.

Dengan uang Rp.7.500 anda sudah bisa berkunjung ke objek wisata Tanah Lot Temple  ini dan dapat menikmati fasilitas yang di sediakan. Ayo ajaklah teman-teman anda, saudara,maupun keluarga anda datang untuk belibur di Objek wisata ini.

Bila berkunjung ke Objek wisata ini waktu yang tepat adalah pada saat sore hari sekitar jam 06.30 pm pada saat matahari tebenam karena anda akan dapat merasakan bagaikan di surga ketika anda melihat sunset dari atas tebing. Saya  jamin anda dan keluarga tidak akan menyesal jika datang ke Objek wisata Tanah Lot ini(nita rastiani Id perhotelan)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: